Sekilas tentang Allianz
Allianz di Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.
Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
RBC (Risk Based Capital) Allianz Life 455% (per 31 Desember 2014), jauh di atas ketentuan minimum RBC Pemerintah 120%. Perusahaan berkomitmen meningkatkan lebih jauh lagi rasio kesehatan perusahaan tersebut bagi kepentingan nasabah.
Allianz di Asia adalah salah satu dari tiga wilayah pertumbuhan utama kami. Hal ini ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di wilayah ini sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Cina. Saat ini, Allianz aktif di 14 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi properti dan kecelakaan, asuransi jiwa dan kesehatan dan manajemen aset. Dengan lebih dari 32.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 18 juta nasabah di wilayah ini di beberapa saluran distribusi.
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manajer aset terkemuka di dunia dengan 86 juta nasabah personal dan perusahaan. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi personal dan perusahaan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia dengan dana kelolaaan nasabah asuransi lebih dari 650 miliar Euro sementara Allianz Global Investors dan PIMCO, sebagai manajer aset, mengelola 1,4 triliun Euro aset tambahan milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, kami memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustaibility Index. Pada tahun 2017, lebih dari 140.000 karyawan di lebih dari 70 negara meraih total pendapatan 126 miliar Euro dan laba operasional sebesar 11 miliar Euro.
Allianz merupakan salah satu perusahaan global terbesar yang bergerak di bidang layanan asuransi dan manajemen aset. Telah berdiri sejak 1890 di Jerman sebagai perusahaan yang sangat berpengalaman dan mempunyai posisi finansial yang kuat.
Visi
Allianz Indonesia adalah PILIHAN UTAMA, MERK TERPERCAYA yang memberikan PENGALAMAN TAK TERLUPAKAN
Misi
Allianz Indonesia dikenal sebagai penyedia perlindungan asuransi dan solusi keuangan dengan budaya kinerja tinggi untuk mencapai keuntungan berkelanjutan
Goals
Perusahaan ASURANSI yang TERPERCAYA dan DIAKUI di Indonesia
Sejarah Allianz di dunia
Perusahaan Allianz bukanlah perusahaan yang masih seumur jagung. Berdiri sejak 1890 di Jerman menjadikan Allianz sebagai salah satu perusahaan asuransi tertua di dunia. Allianz adalah Pioneer dan Pelopor industri asuransi di dunia, Market Leader dunia asuransi.
Jadi jika bicara tentang asuransi, tidak bisa lepas dari yang namanya “Allianz”
Milestone dari tahun ke tahun :



Perubahan Logo dari waktu ke waktu



Allianz memberikan perlindungan dan pelayanan kepada nasabah, dimana separuh dari nasabah tersebut termasuk dalam kategori perusahaan Fortune 500. Pada kuartal kedua 2013, Allianz Group sekali lagi menunjukkan pertumbuhan yang sehat. Laba operasional meningkat 5,2 persen menjadi 2,4 miliar euro dari 2,3 miliar euro pada kuartal yang sama di tahun sebelumnya.
Pada September 2006, kesepakatan merger telah ditanda tangani antara Allianz AG dan RAS Holding S.p.A, dan kemudian Allianz AG mengubah namanya menjadi Allianz SE (Societas Europea), sebuah perusahaan Eropa. Menyusul prosedur pendaftaran di Italia dan Jerman, pada 16 Oktober 2006 Allianz SE resmi menjadi perusahaan pertama yang terdaftar di DJ EURO STOXX 50 Index.

Kenyataan ini adalah fakta dimana sumbernya dapat dilihat di http://www.forbes.com/global2000/list/

Di tingkat dunia, Allianz juga aktif mendukung dan menjadi sponsor untuk event internasional sebagai bentuk sumbangsih dan kepedulian terhadap kegiatan olah raga dunia. Jika anda menonton siaran langsung F-1, logo Allianz akan tampak di latar belakang mobil-mobil balap yang melesat.
Jika anda penggemar sepakbola, pasti tidak asing dengan stadion Allianz Arena yang menjadi markas klub Bundesliga Bayern Muenchen. Stadion paling indah sedunia ini pertama kali digunakan di Piala Dunia Jerman 2006. Allianz juga mensponsori golf, paralimpic (olahraga untuk orang cacat), dan bidang olahraga lainnya.



Di Asia Pasifik, Allianz hadir di 14 pasar dengan fokus utama pada bisnis asuransi umum, jiwa dan kesehatan, dan manajemen asset. Dengan lebih dari 14,500 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21,5 juta nasabah di kawasan ini. Kemampuan Allianz untuk beradaptasi dengan cepat terhadap kebutuhan lokal menjadi kunci sukses.
Allianz meneruskan kesuksesan di Asia pada enam bulan pertama tahun 2013. Total pendapatan mencatat pertumbuhan sebanyak 4,9 persen menjadi 3,8 miliar euro, dari 3,7 miliar euro di periode yang sama tahun lalu. Laba operasional naik hingga 34 persen menjadi 289 juta euro dari 215 juta euro selama periode tersebut.
Allianz di Indonesia
Di tahun 1996, Allianz melengkapi pelayanan asuransinya di Indonesia dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life
Allianz terus memperkuat fasilitas Medical Hotline 24 Jam. Tak cukup hanya itu. Demi mewujudkan aspirasi dan tuntutan pasar yang terus berkembang, Allianz terus berinovasi dan menjalin kerjasama dengan mitra-mitra strategis Allianz yaitu Allianz Agency dan BUSS serta mitra Bank Nasional maupun Internasional terkemuka di Indonesia, untuk memasarkan dan mendistribusikan produk-produk Allianz agar bisa dinikmati oleh lebih banyak nasabah.
Pada 2010, Allianz mengadopsi 140 pohon di hutan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango. Pada tahun 2011, bertepatan dengan Hari Pohon Sedunia (21 November), Allianz menanam 1000 pohon trembesi di kawasan industri Jababeka, Cikarang-Bekasi. Pohon trembesi dipilih karena kemampuannya menyerap 28,5 ton CO2 per pohon per tahun, menurunkan suhu udara 3-4 derajat celcius, dan daya tahan hidupnya 100 tahun lebih.
Komposisi Saham/ porsi kepemilikan dari PT Asuransi Allianz Life Indonesia dan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia adalah sebagai berikut:
Allianz Asia Pacific & Africa GmbH :99.76% PT Kresna Karya :0.24%